13 Desember, 2007

Zero Zero Seven

Ini Nol , itu Kosong

Siswa sering bingung membedakan kedua sebutan itu, sebelum membahas nol dan kosong. Kita kembali kepada dasar-dasar matematika, menurut matematika bilangan dan lambang/simbol bilangan( sering disebut angka) dua hal berbeda.

Bilangan adalah konsep abstrak mengenai suatu hal,serta bersifat universal sehingga tidak dapat dirasa,diraba apalagi dilihat.Bila kita mengatakan bilangan dua ( bhs Indonesia),loro (bhs. Jawa) atau two (bhs. Inggris), menyatakan konsep yang sama tentang dua. Tetapi seperti apa dua kita tidak mengetahui karena ia adalah suatu konsep yang abstrak. Untuk mengetahuinya kita memerlukan lambang/simbol bilangan.

Lambang/simbol bilangan bermacam-macam bentuknya,kita dapat melihat dan membuatnya, seperti: 1,2,3,4,..dst atau I,II,III,IV,…(Romawi), nah setelah berbentuk lambang inilah bilangan dapat dilihat dan dibuat , lambang tersebut sering disebut angka.

Akan halnya nol dan kosong, perhatikan ilustrasi berikut:

Di suatu lapangan terdapat dua anak sedang bermain bola. Dua jam kemudian kedua anak tersebut pindah bermain. Jadi, tidak ada lagi anak yang bermain di lapangan tersebut. Kita dapat mengatakan bahwa banyaknya anak di lapangan tersebut sekarang adalah nol orang. Di sini, nol anak menunjukkan bahwa memang tidak ada anak di lapangan tersebut. Tetapi, nol orang menunjukkan bahwa memang tidak ada orang di lapangan tersebut. Jadi sekarang jelas dalam matematika nol adalah bilangan sedangkan kosong dan tiada adalah sifat. Bilangan tidak sama dengan sifat. Berarti nol dan kosong adalah dua hal yang berbeda Contoh yang paling jelas adalah antara himpunan yang beranggota nol dengan himpunan kosong. Himpunan nol adalah himpunan yang anggotanya hanya satu unsur yaitu nol, sedangkan himpunan kosong adalah himpunan yang tidak mempunyai anggota. Karena itu sebaiknya agar tidak rancu katakan 007 dengan nol nol tujuh bukan kosong kosong tujuh.karena lambang/simbol 0 untuk bilangan nol bukan kosong.

Tidak ada komentar:

Google
Belajarlah untuk masa depanmu

Ads

banner

Catatan kecil untuk Anda

Read this document on Scribd: math is queen
water fall water fall water fall water fall