15 Oktober, 2007

Bocoran

Kata bocoran berasal dari kata bocor, arti bocoran telah mengalami perubahan makna, arti kata tersebut tergantung pada konteks kalimat yang digunakan...

Bocoran bukan hal yang tabu untuk dibicarakan bila kita memandangnya secara positip, dalam konteks ujian nasional ( UN), pemerintah dan jajaran terkait sering kali dipusingkan oleh laporan-laporan adanya kebocoran dalam pelaksanaan /pen yelenggaraan UN di sekolah. Pemerintah ( Penyelenggara UN BSNP ?!) mungkin tidak menyadari bahwa keputusan lulus/tidak lulus ditentukan oleh hasil UN ( meskipun sering dikatakan UN bukanlah satu-satunya penentu kelulusan tetapi masyarakat tahu ujian sekolah lebih mudah diintervensi dari tidak lulus menjadi lulus berbeda dengan hasil UN yang memerlukan cost lebih untuk melakukan diversifikasi).

Dalam penyelenggaraan UN, guru,sekolah, jajaran terkait di atas nya sebagai produsen sumber daya manusia tentu tidak tinggal diam jika productnya tereliminasi dalam ajang kompetisi UN. Nah! Disinilah aneka cara dilakukan untuk suksesnya Ujian Nasional.

Pemerintah( BSNP, bukan lembaga pemerintah tetapi diangkat oleh Mendiknas?), sebenarnya juga memberikan “ bocoran” agar siswa di negara ini tidak banyak mengalami stess dalam mengikuti UN tahun 2008, bocoran yang diberikan secara cuma-cuma adalah Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), ini memang bocoran karena soal yang akan keluar harus sesuai dengan SKL, kita dapat meng-claim bila soal menyimpang dari SKL.

Dengan Bocoran ilmu pengetahuan,mari kita sikapi dan hadapi bersama UN tahun 2008, Analisa SKL, diversifikasi soal sebelumnya, Cermati gaya penulisan beberapa soal sebelumnya ,gaya menunjukkan kemampuan dan kedalaman penulis. Analisis varitas soal yang mungkin dan….??! Mari berjuang, jangan takut dengan Ujian Nasional.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Pendatang baru:
Ajari saya varitas soal yang mungkin,ya?

Thanks sebelumnya

Google
Belajarlah untuk masa depanmu

Ads

banner

Catatan kecil untuk Anda

Read this document on Scribd: math is queen
water fall water fall water fall water fall